- Jalankan Open Office, lalu pilih Text Documents
- Lalu ketikan surat, seperti berikut
- Setelah surat selesai dibuat, lalu surat di simpan dengan nama Latihan.odt
- Lalu buat data source, dengan cara klik new, lalu pilih spreadsheet.
- Lalu buat data source, seperti berikut
- Jika sudah simpan dengan nama sumber.ods
- Langkah berikutnya, hubungkan data utama dengan data source. Untuk
mengambil sumber data dari dokumen spreadsheet, klik File lalu pilih
Wizards, dan klik Address Data Source.
- Lalu pilih Other external data source dan klik next.
- Lalu klik setting, setelah itu pada database type pilih spreadsheet, dan klik next.
- Arahkan menuju file sumber data Anda. Dengan cara klik Browse, lalu klik Finish.
- Pada Field Assigment biarkan sesuai dengan defaultnya saja. Pada
Data Source Title, gantilah judulnya. Jika sudah klik Next, lalu klik
Finish untuk mengakhiri.
- Selanjutnya, tekan tombol F4 atau klik menu View,lalu klik Data
Sources, sehingga Anda memiliki tampilan Data Source seperti berikut.
- Drag dan drop dari data di atas ke dokumen utama. Berikut hasil akhir penggabungan dokumen utama dengan sumber data.
- Untuk mencetak hasilnya, klik File lalu pilih Print. Pilih Yes jika ada pertanyaan konfirmasi.
- Selanjutnya pada Output pilih File, karena kita akan melihat
hasilnya di file terlebih dahulu. Namun jika Anda sudah yakin Anda bisa
memilih langsung Printer. Sedangkan untuk cara penyimpannya Anda bisa
menggunakan Save as single document jika Anda hanya ingin
menyimpan dalam bentuk satu file. Namun jika Anda ingin menyimpan satu
persatu sesuai dengan jumlah data, maka pilihlah Save as individual documents.
- Jika sudah klik ok.
2/26/2013
Cara Membuat Mail Merger
BERIKUT LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT MAIL MERGE DENGAN MENGGUNAKAN OPEN OFFICE:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About Me
- Raissa
0 komentar:
Posting Komentar